conceptual-long-tail

Insight from “The Long Tail” (a book by Chris Anderson)

“YOU” are the Person of the Year 2006 (TIME Magazine)

Ya benar, siapapun anda, dimanapun anda berada. Andalah the Person of the year 2006 versi TIME, era kejayaan Individual semakin nyata, dimana peran-peran individu lebih menonjol didunia bisnis.

“The Long Tail” (Hyperion, 2006) adalah sebuah karya visioner CHRIS ANDERSON yang kalau ditelusur akarnya berhulu pada tesis cerdas Friedman mengenai kejayaan individu. Munculnya the long tail market (pasar berbuntut panjang) seperti dihipotesiskan buku ini tak lain merupakan perwujudan dari kejayaan individu dalam mempengaruhi dua sisi pasar sekaligus, yakni sisi penawaran dan sisi permintaan (supply and demand).

Dari sisi Penawaran/ Supply

Seorang individu dapat dengan mudah menjadi produsen, dimana kini alat-alat produksi sudah semakin murah dan bahkan “costless”. Produsen individu ini hanya dibebani biaya dasar/awal, dan selanjutnya mendapatkan free marginal cost (produksi ke-dua dan selanjutnya costless).

Semua ini dipacu dengan kemajuan teknologi terutama Personal Computer (PC) dan Internet. Individu akan dengan mudah menjadi produsen baru, dan produsen-produsen baru ini jumlahnya makin banyak dan beragam, sehingga effect long tail makin terasa, produsen banyak identik dengan penawaran banyak, sehingga timbul suatu permintaan yang banyak pula.

Now Everybody Can be a Producer!

Menurut prediksi kedepannya, effect  long tail ini akan mengakibatkan hilangnya beberapa chain bisnis, semisal Recods Labels, Production House, Penerbit, Public Relation dll.

Contoh kongkretnya seperti ini: Dijaman serba costless ini, saya bisa saja dengan mudah membuat sebuah buku elektronik (e-Book) dan mempublikasikannya di internet, para pengunjung web saya dapat membeli e-book saya secara langsung ke saya tanpa melalui jasa penerbit dan distributor buku.

Loh ko bisa? ya bisa saja. Modal saya hanya perlu tekun ngetik bikin buku yang bagus, lalu convert ke pdf, dan pasang di web. Mudah~Simple~Murah.

Saya menghilangkan fungsional penerbit dan distributor buku, jasa percetakan penerbit saya gantikan dengan jasa pem-pdf-an naskah buku, sedangkan jasa distributor penjual buku (toko-toko buku konvensional) saya ganti dengan penyimpanan tak terbatas di website saya (tergantung space hosting yang kenyataanya harga hosting semakin murah dan berkompetisi merebut konsumen)

Nah, jadilah sebuah buku elektronik karangan saya, penerbit saya, dijual di toko saya

Dari segi Permintaan/ Demand

Kini individu menjadi sosok yang sangat powerfull, dimana pembeli adalah Raja, dengan permintaan-permintaan yang serba maca-macam dan banyak maunya, berkeinginan untuk mendapatkan pelayanan yang sempurna dari produsen. dan hal ini dapat dengan mudah mereka cari dikarenakan mereka memiliki tools dan web enabler yang memungkinkan mereka mencari informasi mengenai produk yang mereka inginkan. Jika produsen tidak dapat memenuhi permintaannya, maka dia akan beralih ke yang lain.

Now everybody is a powerfull customer!

Ketika Supply dan Deman ini dikuasai oleh individu, maka pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana format pasar yang akan terbentuk? Inilah pertanyaan besar dari buku ini. dan Chris Anderson hanya menjawabnya dengan sebuah hipotesis yang fresh, visioner dan insightful. Hasilnya adalah apa yang disebut Anderson “The Long Tail”

~ Dari Monthly Book Discussion oleh MIM-Gramedia Book Lovers di Kantor MarkPlus, Inc. MarkPlus Institute of Marketing lt. 3

Tautan:
The Long Tail, Ekor yang Terus Memanjang dan Tak Pernah Putus
Diskusi Buku “The Long Tail” @ MarkPlusInc

Related Posts

About the author

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

2 thoughts on “Insight from “The Long Tail” (a book by Chris Anderson)”

Leave a Reply

About Me

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

HOW TO REACH ME?

m. / wa. : (62) 87883902820
skype: catur.pw
contact for inquiries: hi@caturpw.com


My Activities

Follow me on Twitter