Amati, Cermati dan Ungkap tanda-tanda lewat Ethnography

“If you want to understand how a lion hunts, don’t go to the zoo. Go to the Jungle.” – Kevin Roberts, Saatchi & Saatchi

Quote tadi selalu menghiasi slide presentasi Amalia E. Maulana , seorang professional Ethnographer kenamaan Indonesia. Hal ini saya simak ketika diundang oleh mba Amalia, diacara Book Launching Consumer Insights via Ethnography Selasa 28 Juli 2009 di London School of Public Relation, Jakarta.

Amalia E. Maulana Books

Seorang Ethnographer harus jeli melihat tanda-tanda dan mencatat semua tanda-tanda.
Mari kita coba simak video dibawah ini yg berjudul “Awareness Test

Aktifitas FGD (Focus Group Discussion) seringkali hanya menguak info yg selazimnya diungkapkan oleh responden atas pertanyaan dari researcher, dalam hal video diatas, info tersebut adalah “How many passes does the team in white make?”

Para responden pasti akan fokus untuk menjawab pertanyaan itu saja, informasi lainnya diabaikan karena tidak dianggap relevan. Sehingga ada Seseorang berkostum gorilla yg lewat tidak dianggap relevan, dan infonya diabaikan (krn fokus ke pertanyaan).
Padahal info sekecil apapun bagi seorang researcher adalah informasi yg berharga, dan hal ini tidak anda dapatkan di FGD, melainkan harus dengan cara Ethnography.

Untuk memahami konsumer, hendaknya kita langsung mengamati lebih dekat kedalam habitatnya, kedalam kehidupan para konsumer kita.
Dengan demikian kita tidak akan kehilangan info penting yg sebenarnya kita cari.

Di buku Consumer Insight via ETHNOGRAPHY oleh Amalia E. Maulana, anda akan dapatkan info lebih dalam untuk mengungkap informasi yg tidak terungkap, jadi.. ayo beli bukunya 😉

Related Posts

About the author

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

Leave a Reply

About Me

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

HOW TO REACH ME?

m. / wa. : (62) 87883902820
skype: catur.pw
contact for inquiries: hi@caturpw.com


My Activities

Follow me on Twitter