Speak Up! get connected to others

“Hai, saya catur pw, saya suka nulis dan ngobrolin tentang personal branding, saya suka share diskusi di forum FreSh (freedom of sharing) dan sangat senang untuk menjalin network bisnis dengan orang lain, terutama yg berkaitan dengan topik digital marketing.
Bagaimana kabar anda?”

Businessman with megaphone
© Photographer: Carlosphotos | Agency: Dreamstime.com

Begitulah kira-kira kalo saya bertemu dengan orang lain… well.. ga selalu formal begitu sih, yg penting start to speak up and let it flow.

Sejak saya aktif dikegiatan FreSh (freedom of sharing), saya bertemu dengan banyak orang dengan expertisnya masing-masing, ya saya yakin semua orang punya keahlian masing-masing. Hanya saja banyak orang yg keahliannya tidak terdeteksi oleh orang lain disekitarnya.

Saya bukan seorang peramal yg bisa menebak tepat apa keahlian anda, dan saya yakin orang lainpun tidak bisa menebak keahlian anda tanpa ada tanda-tanda yang jelas. Hal ini diperparah dengan tidak adanya brosur/ flyer khusus yg menjelaskan keahlian anda, untuk dibagi-bagikan kepada setiap orang yg anda temui.

Ibarat sebuah perusahaan, anda perlu melakukan strategy offline dan online, agar personal brand anda terdeteksi oleh orang lain. Jika perusahaan menggunakan flyer, brosur atau bahkan billboard untuk menyampaikan brand message mereka, maka anda hanya perlu “bicara” berkomunikasi secara verbal maupun non-verbal (melalui kartu nama,etc.) kepada satu atau banyak orang untuk menyampaikan personal brand message anda. Biarlah orang lain tahu siapa anda sebenarnya. amati situasi dan kondisi, sampaikan strategy offline anda yg paling tepat untuk saat itu.

Saat memutuskan untuk “berbicara”, ada beberapa tips praktis untuk dijalankan:

  1. Berlatihlah untuk berbicara, dan jangan lupa untuk banyak mendengar orang lain berbicara,jangan egois maunya menang sendiri, hindari ini jauh-jauh
  2. Create conversation with anyone, jangan pilih-pilih teman bicara
  3. Buat lawan bicara anda seperti pusat informasi yg sangat penting, make him feels like a very important person when you talk to him.
  4. Senyum dan perbanyak lagi senyuman, ada yang bilang, kalo kita banyak senyum maka energi positif kita akan semakin terpancar menarik perhatian orang lain. Dan percayalah, tidak akan ada yg mau berbicara dengan si”muka masam”.
  5. Update news and knowledge, terutama yang berkaitan dengan topik interest kamu. Hal ini sangat berguna untuk memperkaya topik pembicaraan kita.

Now you are ready to Speak Up! and get connected to others

Related Posts

About the author

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

Leave a Reply

About Me

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

HOW TO REACH ME?

m. / wa. : (62) 87883902820
skype: catur.pw
contact for inquiries: hi@caturpw.com


My Activities

Follow me on Twitter