oculus-vr-001

Virtual Reality, Social Network dan Gamification perlu diwaspadai Marketer

Pada tanggal 25 Maret 2014, pukul 14.30, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook mengakuisisi Oculus VR dengan nilai $2 miliar. Ini termasuk $ 400 juta di kas dan 23,1 juta saham biasa Facebook (sebesar $ 1,6 miliar berdasarkan harga penutupan rata-rata 20 hari perdagangan sebelumnya 21 Maret 2014 dari $ 69,35 per saham)

Oculus adalah sebuah startup jebolan fundrising site kickstarter.com, dengan produknya Oculus Rift sebuah virtual reality (VR) headset yg didesign special untuk video game yang dijamin akan mengubah persepsi orang tentang gaming selamanya. Oculus berhasil mengumpulkan fund sebesar $2,437,429 di kickstarter.com

oculus-vr-001

Facebook melihat potensi Oculus dimasa mendatang sebagai interaction platform baru yang akan menjadi trend setelah generasi mobile phone. Seperti kita semua ketahui, facebook memang agak ketinggalan dalam revolusi mobile tech, dan facebook bertekad untuk menyalip kompetitornya dengan mengakuisisi the next key interaction platform.

zuckerbergZuckerberg memprediksi interaktifitas user online akan semakin besar, dengan VR, user online dapat saling berbagi dan tak terbatas ruang, pengalaman dan bahkan petualangan.

Seperti yang disampaikan oleh Zuckerberg di blog postnya:

“After games, we’re going to make Oculus a platform for many other experiences. Imagine enjoying a court side seat at a game, studying in a classroom of students and teachers all over the world or consulting with a doctor face-to-face — just by putting on goggles in your home.”

“This is really a new communication platform. By feeling truly present, you can share unbounded spaces and experiences with the people in your life. Imagine sharing not just moments with your friends online, but entire experiences and adventures.”

Terlepas dari pengalaman gaming 3 dimensi yang sangat memukau, jika dilihat dari kacamata Brand/ korporat, dengan adanya Virtual Reality memberikan kesempatan lebih luas untuk Brand/ korporat dalam mengembangkan Gamification ke level selanjutnya.

Menurut Marketing Week :
“Next on the world domination to-do list is gaming and, precisely, another emerging market: virtual reality.”

VR dapat membantu social network platform seperti facebook untuk menyajikan brand experience yang lebih dalam kesetiap target market brand/ korporat.

Dengan melihat ambisi Facebook mengakuisisi Oculus Rift bisa menjadi sinyalement bagi para marketer untuk lebih serius menanggapi Virtual Reality, karena kemampuannya merealisasi next level of customer engagement untuk brand mereka.

Virtual Reality + Social Network + Gamification = Deeper Customer Engagement

 

 

 

Related Posts

About the author

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

2 thoughts on “Virtual Reality, Social Network dan Gamification perlu diwaspadai Marketer”

Leave a Reply

About Me

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

HOW TO REACH ME?

m. / wa. : (62) 87883902820
skype: catur.pw
contact for inquiries: hi@caturpw.com


My Activities

Follow me on Twitter