target-big-data-001

Gamification + Big Data = Scary or Opportunity ?

photo by businessinsider.com

Silahkan lihat video ini, Target Store knows when you’re pregnant.

Dengan mengamati data pembelian rutin anda, Target dapat menyimpulkan kalau anda sedang hamil, walaupun anda tidak pernah memberitahukan kepada siapapun. Sebagai result selanjutnya, Target mengirimi soft-selling brochure berisi kupon penawaran produk yang berkaitan dengan kehamilan anda. Dilihat dari kasus ini, penggunaan Big Data yang diperoleh dari pengunjung setiaa Target store, memberikan informasi yang cukup akurat bagi Target untuk mendeteksi apakah seorang customer sedang hamil atau sekedar membelikan hadiah buat temannya yang sedang hamil.

Gamification to Solving Problem and  Engage User

Target Store use Gamification to Solving Problem and Engage User Click To Tweet

Mentargetkan ibu hamil selalu menjadi market yang sangat menggiurkan bagi setiap marketer (problem: how to detect pregnant women?). Sehingga mereka berupa sedemikian rupa untuk mencoba “engage” dengan pasar potensial ini. Data belanja konsumen Target, oleh seorang Andrew Pole, statistikawan Target Store mampu dianalisa untuk mendeteksi mendekati akurat bahwa konsumen tersebut sedang hamil, seperti yang disebutkan didalam buku “The Power of Habit” oleh Charles Duhigg.

Dengan mengetahui kondisi konsumen, kebutuhan dia saat ini, maka dengan mudah Target Store menawarkan kupon belanja untuk segmen wanita hamil.

“Disatu pihak, banyak marketer melihat hal ini sebagai opportunity, tetapi jika dilihat dari kacamata konsumen, dimana data mereka terbaca dengan jelas oleh marketer, hal ini bisa menjadi sebuah hal yang menakutkan.”

Bagaimana dengan pendapat anda?

Related Posts

About the author

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

Leave a Reply

About Me

catur waluyo

Digital Marketer, Trainer & Speaker

HOW TO REACH ME?

m. / wa. : (62) 87883902820
skype: catur.pw
contact for inquiries: hi@caturpw.com


My Activities

Follow me on Twitter